LAPORAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

DT
0

A. Pendahuluan

Merebaknya pendemi virus corona (Corona Viruses Disease – COVID 19) menyebabkan terhambatnya segala kegiatan yang bersifat kontak langsung. Salah satu langkah atau kebijakan yang diambil oleh pemerintah sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran pendemi ini yaitu dengan melaksanakan pembatasan sosial (social distancing). Tentunya hal ini juga berdampak pada dunia pendidikan terutama pada lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan. Pihak penyelenggara pendidikan diharuskan melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau yang disebut dengan istilah Belajar Dalam Jaringan (DARING) yang mana sekolah harus merubah pelaksanaan pembelajaran tatap muka menjadi menjadi moda pembelajaran dalam jaringan (DARING) dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi Informasi dan Komunikasi seperti WhatsApp, Google Meet, Zoom Cloud, Edmodo, Blog dan lain sebagainya.

Pendidikan jarak jauh yang selanjutnya disebut PJJ sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi merupakan pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan sumber belajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi dan media lain.

Dalam kondisi darurat dimasa Pendemi Virus Corona, kegiatan pembelajaran tatap muka tidak bisa berjalan, namun demikian siswa harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran. Maka untuk itu tenaga pendidik atau guru diharuskan melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam jaringan (DARING). Pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau luring (luar jaringan sehingga peserta didik dapat mengakses materi dan sumber pembelajaran dan evaluasi tanpa batasan waktu dan tempat.

Salah satu kewajiban guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam moda jaringan ini yaitu membuat laporan pelaksanaan Pembelajaran jarak Jauh Bekerja dari Rumah. Hal ini sebagai bukti pertanggung jawaban kepada kepala sekolah atau pimpinan terkait bahwa dimasa pendemi virus corona pelaksanaan pembelajaran tetap berlangsung dan siswa tetap mendapat pembelajaran.


B. Tujuan

Pelaksanaan pembelajaran jauh dengan moda daring (dalam jaringan) ini bertujuan sebagai berikut :

  1. Memberikan wadah bagi peserta didik untuk memperoleh materi yang akan dipelajari.
  2. Memudahkan dalam mengakses materi pembelajaran tanpa terbatas ruang dan waktu.
  3. Menyediakan bahan ajar dan aktivitas tambahan terkait materi yang diajarkan.
  4. Mengevaluasi pemahaman dan kompetensi peserta didik terhadap materi yang ajarkan melalui uji kompetensi online berbentuk kuis.


C. Sasaran

Pembelajaran Daring ini diterapkan pada semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Sasaran Pembelajaran DAring ini adalah Peserta didik sesuai dengan yang diampuh pada Kelas X-MIA 2, X-PIS1, X-PIS 2, XI-MIA 1 Lintas Minat Ekonomi, XI-PIS 2, XII-MIA 2 Lintas Minat Ekonomi, XII-PIS 2. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran jarak jauh adalah sebanyak siswa dalam kelas binaan yang menjadi tanggung jawab guru, dengan rincian sebagai berikut :

NoKelasJumlah SiswaKeterangan
1.X-MIA 2 36 Orang
2.X-PIS 134 Orang
3.X-PIS 236 Orang
4.XI-MIA 134 Orang
5.X-PIS 131 Orang
6.XII-MIA 229 Orang
7.XII-PIS 229 Orang
Jumlah229 Orang

E. Ruang Lingkup

  1. Perencanaan
    Guru merancang pembelajaran jarak jauh secara daring, penyusunan rencana pembelajaran (RPP), Pengembangan materi/bahan ajar, Penugasan dan penyusunan kuis/evaluasi, dengan menggunakan media blog dan edmodo.
  2. Pelaksanaan Pembelajaran
    • Guru menyusun materi/bahan ajar di dalam blogger dengan alamat http://alisbamba.blogspot.com
    • Guru menginformasikan tautan (link) materi pembalajaran melalui media Group WhatsApp kelas kepada peserta didik agar membaca materi yang ada pada tautan (link) yang sudah dibagikan.
  3. Penilaian (Evaluasi)
    • Guru membuat soal di www.edmodo.com
    • Guru menginformasikan melalui group WhatsApp kelas kepada peserta didik agar mengerjakan kuis di laman www.edmodo.com dengan menggunakan akun yang sudah dibagikan terlebih dahulu.
    • Selanjutnya siswa login dengan menggunakan username dan password masing-masing dan mengerjakan soal kuis dengan waktu yang telah ditentukan.

E. Materi Ajar

Tabel Materi Pemelajaran Jarak Jauh (PJJ)
moda Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING)
NoKelasMateriKeterangan
1.X-MIA2
X-PIS 1
X-PIS2
  • Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
  • Pembagian Ilmu Ekonomi
  • Kebutuhan
  • Alat Pemuas Kebutuhan
2.X-MIA1
X-PIS 1
  • Pendapatan Nasional
  • Pendapatan Perkapita
3.XII-MIA 2
XII-PIS 2
  • Sejarah Akuntansi
  • Manfaat Informasi Akuntansi
  • Pemakai Informasi Akuntansi
  • Bidang-Bidang Akuntansi
  • Profesi Akuntan
  • Persamaan Dasar Akutansi
  • Analisis Transaksi Terhadap Persamaan Dasar Akutansi

F. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang diterapkan untu menyampaikan materi ajar di atas adalah penyediaan materi yang dapat diakses oleh peserta didik melalui blog http://alisbamba.blogspot.com dan juga mendapat kuis secara mandiri terkait materi dengan menggunakan edmodo pada laman www.edmodo.com


G. Media Pembelajaran

Media yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh dengan moda daring (dalam jaringan) ini adalah Group WhatsApp, Blog dan Edmodo.


G. Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran dalam moda daring (dalam jaringan) ini menggunakan fasilitas web gratis www.edmodo.com yang dibuat dalam bentuk soal pilihan ganda, benar/salah dan menjodohkan.

Berdasarkan data sebanyak 210 orang siswa aktif mengikuti kuis dan 19 orang siswa tidak mengikuti kuis dengan alasan habis paket internet, tidak bisa login ke akun edmodo, lupa akun dan terlambat waktu pengerjaan.

Tabel Rincian Yang Aktif dan Yang Tidak Aktif Pembelajaran Online
NoMapelKelasJumlah
Siswa
Pembelajaran OnlinePersentase
Siswa Aktif
Belajar Online
Jumlah
Siswa Aktif
Jlh. Siswa
Tidak Aktif
1.EKONOMIX-MIA 23632488,89%
2.EKONOMIX-PIS 13432294,11%
3.EKONOMIX-PIS 23634294,44%
4.EKONOMIXI-MIA 13431391,17%
5.EKONOMIXI-PIS 13129295,54%
6.EKONOMIXII-MIA 22926389,65%
7.EKONOMIXII-PIS 22926389,65%

I. Penutup

  1. Kesimpulan
    Dari pelaksanaan pembelajaran dengan moda daring (dalam jaringan bahwa keterlibatan peserta didik dari kelas binaan sebanyak 91,70% dan 8,30% siswa tidak aktif dengan alasan alasan habis paket internet, tidak bisa login ke akun edmodo, lupa akun dan terlambat waktu pengerjaan.
  2. Saran
    Berdasarkan data kejadian pada saat pelaksanaan proses pembelajaran moda daring, dapat dikemukakan beberapa saran :
    • Perlunya pelatihan khusus kepada tenaga pendidik agar dapat mengembangkan media pembelajaran jarak jauh yang lebih menarik.
    • Pada daerah-daerah pedesaan perlu kiranya jaringan internet yang stabil sehingga pembelajaran moda daring ini bisa berjalan lebih efektif pada saat melaksanakan google meeting atau zoom cloud.

Demikian laporan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini disampaikan sebagai bentuk pertanggung jawaban guru pengampu bidang studi kepada Kepala Sekolah dan juga pimpinan terkait atas pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam moda daring (Dalam Jaringan).

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)