Kebutuhan dan Keinginan

DT
0

Kebutuhan (needs) dan Keinginan (wants) merupakan dua hal yang sering disamakan pengertiannya. Dalam kenyataannya kedua istilah ini berbeda satu dengan yang lainnya. Walaupun kebutuhan dan keinginan sama-sama diperlukan dalam kehidupan tetapi dua istilah ini tidak bisa disamakan.Bagaimana kita bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan?

Kebutuhan merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan, yang mana apabila kebutuhan ini tidak dipenuhi maka akan mengganggu kelangsungan hidup manusia. Ada sebagian orang mengatakan bahwa kebutuhan merupakan hal yang paling pokok untuk menjaga kelangsungan hidup. Contoh dari kebutuhan yaitu makanan, pakaian dan tempat tinggal.

Disisi lain keinginan juga diperlukan dalam kehidupan walaupun apabila keinginan ini tidak dipenuhi tidak akan mengganggu kelangsungan hidup manusia. Keinginan bisa kita katakan sebagai suatu barang tambahan atau sesuatu hal untuk melengkapi kebutuhan dengan kata lain keinginan merupakan sebagai suatu hal yang diinginkan yang melampaui kebutuhan dasar. Misalnya makan direstoran, keanggotaan pada sebuah klub olahraga, barang-barang elektronik yang tidak mendukung pekerjaan dan lain-lain.

Kadang sulit memang kita bedakan mana Kebutuhan dan mana Keinginan, tapi satu poin penting yang harus kita ingat yang membedakan kedua hal ini yakni “Kebutuhan” menunjukkan seberapa penting sesuatu itu untuk menjaga kelangsungan hidup sedangkan “Keinginan” menyiratkan kalau kita menginginkan sesuatu walaupun itu tidak terlalu penting dan tidak akan mengganggu kelangsungan hidup kita.


Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

KriteriaKebutuhanKeinginan
EsensialitasSangat penting untuk kelangsungan hidupTidak penting, hanya untuk meningkatkan kualitas hidup
UniversalitasBersifat umum bagi semua manusiaBervariasi dipengaruhi oleh budaya dan tren
PrioritasPrioritasnya sangat tinggi, dan harus sesegera mungkin dipenuhiPrioritasnya sangat rendah, pemenuhannya dapat ditunda
PengaruhTidak dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berasal dari luarSangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, budaya dan tren
FungsiUntuk menjaga kelangsungan hidupUntuk membuat hidup lebih menyenangkan

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)