JURNAL PENJUALAN

DT
0

Apa Itu Jurnal Penjualan?

Mengapa jurnal penjualan disebut sebagai jurnal khusus? Karena jurnal ini digunakan untuk mencatat transaksi tertentu saja yaitu transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit. Jadi Jurnal Penjualan adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan secara kredit. Transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit didukung dengan bukti transaksi Faktur yang menjadi dasar pencatatan dalam Jurnal Penjualan.

Dalam perusahaan dagang transaksi penjualan yang paling sering terjadi yaitu penjualan barang dagangan. Sedangkan untuk penjualan barang lainnya (yang bukan barang dagangan) boleh dibilang sangat jarang terjadi. Oleh karen aitu dalam jurnal penjualan kita satu kolom khusus untuk Perkiraan Penjualan pada sisi Kredit sedangkan pada sisi Debit disiapkan satu kolom khusus untuk perkiraan Piutang Dagang, karena transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit tentunya akan mempengaruhi jumlah Tagihan (piutang) bertambah. Penjualan aktiva lainnya tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi dalam perusahaan dagang, untuk transaksi ini pencatatan dilakukan pada kolom serba-serbi yaitu dengan mengkredit Nama Perkiraan aktiva yang dijual pada kolom Perkiraan.




Cara Melakukan Pencatatan Pada Jurnal Penjualan

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh transaksi berikut ini!

Selama bulan September 2020, UD. Horizon melakukan transaksi sebagai berikut :
Sept 1Dijual barang dagangan kepada Toko Sentosa sebesar Rp6.000.000,00 syarat pembayaran 2/10, n/30 Bukti Faktur No.010
3Dijual sebagian Peralatan Toko Kepada UD. Pelangi seharga Rp10.000.000,00 syarat n/10, EOM
5Dijual barang dagangan kepada UD. Melati sebesar Rp7.000.000,00 Syarat pembayaran 2/10, n/30 Faktur No. 013

Pencatatan transaksi di atas pada Jurnal Penjualan sebagai berikut :

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)