PASAR

DT
0

Apa itu Pasar ?

Dalam bahasa awam, Pasar adalah tempat berlangsungnya pertukaran barang. Dengan kata lain, tempat berlangsungnya jual beli barang adalah pasar. Pasar adalah sistem saraf kehidupan ekonomi modern tempat produsen dan konsumen melakukan transaksi jual beli. Pasar memiliki arti yang berbeda dan lebih luas dalam Ilmu Ekonomi, karena tidak mengacu pada tempat tertentu. Dalam Ilmu Ekonomi, Pasar adalah wilayah di mana pembeli dan penjual tidak harus berkumpul di tempat tertentu untuk jual beli barang. Sebaliknya, mereka harus berhubungan satu sama lain melalui sarana komunikasi apa pun, seperti internet, surat, telepon, dll.



Syarat Terjadinya Pasar

Pasar dapat terjadi bila memenuhi syarat-syarat berikut :

  1. Ada Tempat/Wilayah
    Pasar terjadi kalau ada tempat atau area untuk mempertemukan pembeli dan penjual atau mempertemukan aktivitas permintaan dan penawaran
  2. Tersedia Barang/Jasa
    Dalam ilmu ekonomi pasar tidak hanya menyangkut area atau tempat saja tetapi menyangkut juga dengan barang atau jasa tertentu. Artinya pasar dapat terjadi jika ada satu komoditas yang akan dibeli dan dijual antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen). Barang tersebut bisa dalam bentuk barang riil atau dalam bentuk katalog.
  3. Ada Calon Penjual dan Pembeli
    Syarat lain suatu pasar terjadi apabila ada calon pembeli dan penjual. Pembeli dan penjual harus saling berinteraksi atau saling berhubungan. Namun tidak berarti pembeli dan penjual harus bertatap muka secara langsung (face to face) tetapi bisa dilakukan dengan menggunakan sarana komunikasi modern seperti Telepon, Internet, Surat dan lain-lain.
  4. Terjadi Proses Tawar Menawar
    Untuk membentuk suatu harga kesepakatan dilakukan melalui proses tawar menawar.


Fungsi Pasar

Secara umum, fungsi pasar adalah mengumpulkan barang atau jasa dari berbagai sumber yang tersebar dan menyalurkannya konsumen yang tersebar. Dari sudut pandang penjual, penyalur menyalurkan barang atau jasa atas produknya sendiri; dari sudut pandang pembeli, mereka mendapatkan barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut ini fungsi pasar yaitu :

  1. Sebagai Sarana Distribusi
    Distribusi merupakan kegiatan penyaluran barang dari produsen kepada konsumen. Produsen selalu memilih saluran distribusi yang paling sesuai dengan produk yang dihasilkan. Pasar merupakan salah satu wadah untuk memastikan barang produk yang dihasilkan bisa sampai ke tangan konsumen.
  2. Sebagai Sarana Produksi
    Salah satu kegiatan pemasaran yaitu promosi. Promosi merupakan kegiatan memperkenalkan suatu produk atau merk kepada konsumen. Biasanya suatu produk (barang atau jasa) diperkenalkan kepada calon konsumen dilakukan dalam suatu pasar. Kegiatan ini bisa dalam bentuk iklan, Acara atau pemberian sampel kepada calon konsumen.
  3. Sebagai Sarana Pembentukan harga
    Idealnya seorang produsen menetapkan harga produknya dengan memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang tersebut. Tetapi harga harga tersebut bisa diatas persepsi pelanggang a tau bisa juga sebaliknya berada dibawah harga yang telah ditetapkan oleh produsen. Maka untuk memperoleh harga kesepakatan dilakukan melalui proses tawar menawar.


Jenis-Jenis Pasar

Pasar memiliki jenis dan fungsi yang beragam. Jenis pasar dapat digolongkan berdasarkan Waktu Pelaksanaannya, Hubungannya dengan proses produksi, Luas Jangkauannya, Wujudnya dan Berdasarkan Strukturnya. Berikut ini penggolongan jenis pasar :

  1. Berdasarkan Waktu Pelaksanaannya
    Berdasarkan waktu pelaksanaannya atau terjadinya transaksi jual beli, pasar dapat digolongkan menjadi :
    1. Pasar Harian adalah pasar yang melaksanakan kegiatan jual beli setiap hari
    2. Pasar Mingguan adalah pasar yang melakukan transaksi jual beli yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu
    3. Pasar Bulanan adalah pasar yang melaksanakan aktivitas permintaan dan penawaran satu kali dalam setahun
    4. Pasar Tahunan adalah pasar yang melaksanakan aktivitas permintaan dan penawaran satu kali dalam setahun
    5. Pasar Komtemporer (Tiba-Tiba) adalah pasar yang melaksanakan aktivitas jual beli dilakukan secara tiba-tiba
  2. Berdasarkan hubungannya dengan Proses Produksi
    Bentuk pasar berdasarkan hubungannya dengan proses produksi dibedakan menjadi :
    1. Pasar Input
      Pasar input adalah pasar yang memperdagangkan faktor-faktor produksi dimana perusahaan sebagai pembeli dan rumah tangga konsumen sebagai penjual.
    2. Pasar Output
      Pasar output adalah pasar yang memperjual belikan barang-barang hasil produksi.
  3. Berdasarkan Luas Jangkauannya
    Dilihat dari luas jangkauannya pasar dapat dibedakan menjadi :
    1. Pasar Lokal adalah pasar yang melayani permintaan dan penawaran hanya untuk satu daerah saja
    2. Pasar Nasional adalah pasar yang melayani permintaan dan penawaran dari dalam negeri
    3. Pasar Regional adalah pasar yang melayani permintaan dan penawaran dari satu kawasan negara.
    4. Pasar Internasional adalah pasar yang melayani permintaan dan penawaran dari seluruh negeri
  4. Pasar Berdasarkan Wujudnya
    Jenis pasar berdasarkan wujudnya terdiri dari :
    1. Pasar Konkret
      Yitu pasar yang melakukan transaksi jual beli secara langsung dan barang yang diperjual belikan berada di pasar tersebut (Barang yang diperdagangkan nyata berada di depan mata)
    2. Pasar Abstrak
      Yaitu pasar yang memperjual belikan barang secara langsung tetapi barang yang diperjualbelikan hanya dalam bentuk contoh (barang yang diperdagangkan dalam bentuk katalog)
  5. Berdasarkan Strukturnya
    Berdasarkan Strukturnya pasar dapat dibedakan menjadi :
    1. Pasar Persaingan Sempurna
    2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
    3. Pasar Persaingan Monopolistik

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)