KELANGKAAN

DT
0

Apa Itu Kelangkaan?

Ekonomi pada dasarnya merupakan ilmu yang berbicara tentang kelangkaan dan pilihan. Masalah mendasar dalam ilmu ekonomi yaitu kelangkaan dimana tidak semua kebutuhan dapat kita penuhi.

Kelangkaan berasal dari kata “Langka” yang berarti jumlahnya sedikit. Masalah kelangkaan mengacu pada ketidakcukupan sumber daya yang tersedia dengan jumlah kebutuhan yang tidak terbatas. Hal ini mengakibatkan tidak semua kebutuhan kita dapat kita penuhi yang disebabkan oleh ketidakcukupan alat pemuas kebutuhan yang tersedia.

Masalah kelangkaan tidak hanya dihadapi oleh negara berkembang saja, tetapi masalah kelangkaan dihadapi oleh semua semua negara di dunia. Kita ambil contoh di negara sedang berkembang langka akan tenaga ahli dan teknologi canggih sedangkan dinegara maju yang langka malah sebaliknya yaitu langka akan sumber daya alam dan tenaga kerja.


Jenis-Jenis Kelangkaan

Kelangkaan terdiri dari :

  1. Kelangkaan Sumber Daya Manusia
    Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi penting dalam kegiatan produksi. Sumber daya manusia dikatakan langka apabila sulit menemukan tenaga kerja yang kompeten untuk menjalankan proses produksi.
  2. Kelangkaan Sumber Daya Alam
    Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang tersedia di alam seperti Air, Udara, Tanah dan lain sebagainya. Pada awal mula kehidupan manusia sumber daya alam memang melimpah. Seiring dengan perkembangan populasi manusia yang disertai eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan mengakibatkan sumber daya alam mengalami kerusakan yang selanjutnya mengakibatkan terjadinya kelangkaan sumber daya alam.
  3. Kelangkaan Sumber Daya Modal
    Perlu kita ketahui bahwa modal tidak hanya berbentuk uang tunai tetapi termasuk uga peralatan, mesin, gedung dan lain-lain. Modal adalah segala sesuatu yang digunakan dalam proses produksi. Kelangkaan sumber daya modal yaitu kelangkaan semua barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa.
  4. Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan
    Kewirausahaan adalah kemampuan/keahlian mengkombinasikan faktor-faktor produksi lainnya untuk menghasilkan barang dan jasa. Dalam faktor produksi kewirausahaan diperlukan keberanian mengambil resiko, menginvestasikan uang dan modal serta mengatur sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan barang dan jasa.


Penyebab Kelangkaan

Kelangkaan tidak terjadi begitu saja. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada awal mula kehidupa manusia sumber daya alam melimpah, sehingga hampir semua kebutuhan manusia dapat dipenuhi dari alam. Seiring dengan perkembangan waktu, masalah kelangkaan menjadi suatu masalah yang harus segera dipecahkan. Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan :

  1. Pertambahan Penduduk
    Bertambahnya jumlah penduduk yang pesat menyebabkan penambahan jumlah kebutuhan manusia. Disisi lain sumber daya yang tadinya melimpah sedikit demi sedikit berkurang karena secara kontinu digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dampaknya sumber daya yang tersedia tidak seimbang dengan pertambahan jumlah kebutuhan sebagai akibat pertambahan jumlah penduduk.
  2. Kemampuan Berproduksi
    Jumlah barang yang jasa yang tersedia ditentukan oleh kemampuan berproduksi. Kemampuan berproduksi ini tentunya harus didukung oleh ketersediaan faktor-faktor produksi di negara tersebut. Kelangkaan faktor produksi berdampak pada kemampuan berproduksi yang rendah juga. Sehingga jumlah barang dan jasa yang tersedia akan langka (sedikit). Dengan kata lain barang dan jasa yang tersedia tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk.
  3. Perbedaan Letak Geografis
    Kondisi alam di setiap daerah/wilayah pasti berbeda. Perbedaan kondisi alam ini menyebabkan kelangkaan untuk barang dan jasa tertentu di wilayah tersebut.
  4. Bencana Alam
    Bencana alam merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kelangkaan. Bencana alam akan mengakibatkan sumber daya yang tersedia mengalami kerusakan.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)