JURNAL PENYESUAIAN

DT
0

Dalam sistem akuntansi, pendapatan dan biaya harus dilaporkan dalam periode yang sama. Disisi lain saldo-saldo yang terdapat dalam Neraca sisa sebagian tidak menunjukkan saldo yang sesungguhnya, hal ini bisa disebabkan karena pemakaian atau atau transaksi yang sudah terjadi tetapi belum dicatat. Untuk itu pada akhir periode akuntansi perlu dibuat suatu ayat jurnal untuk menyesuaikan saldo-saldo yang terdapat dalam neraca sisa. Jurnal untuk menyesuaikan saldo-saldo dalam neraca sisa disebut Ayat Jurnal Penyesuaian.

Jurnal penyesuaian merupakan ayat jurnal untuk Memastikan perusahaan mengalokasikan pendapatan dan pengeluarannya dengan benar. Jurnal ini biasanya dibuat pada akhir periode akuntansi agar setiap pendapatan yang diperoleh dan beban yang dikeluarkan benar-benar mencerminkan periode akuntansi dimana pendapatan dan beban tersebut terjadi. Ayat jurnal penyesuaian dapat juga digunakan untuk mengoreksi kesalahan pencatatan akuntansi yang sebelumnya sudah dicatat. Jika kesalahan dibuat selama periode akuntansi, maka jurnal penyesuaian diperlukan untuk memperkaiki kesalahan tersebut sehingga pendapatan dan beban yang dilaporkan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Perkiraan-perkiraan yang memerlukan penyesuaian antara lain :

  1. Perlengkapan
  2. Beban Dibayar dimuka
  3. Pendapatan diterima dimuka
  4. Beban yang masih harus dibayar
  5. Pendapatan yang masih harus diterima
  6. Penyusutan Aktiva Tetap


Perlengkapan

Perkiraan perlengkapan dalam neraca sisa tercatat sebesar nilai perlengkapan yang dibeli selama periode akuntansi. Tetapi pada akhir periode akuntansi tentunya nilai perlengkapan tidak lagi sebesar yang tercatat dalam neraca sisa. Hal ini terjadi karena selama periode akuntansi ada perlengkapan yang digunakan dalam operasi perusahaan. Ayat jurnal untuk menyesuaikan perkiraan perlengkapan yaitu :

Beban Perlengkapan
- Perlengkapan
xx
-
-
xx
Sebesar yang sudah
terpakai/digunakan


Beban Dibayar Dimuka

Beban dibayar dimuka merupakan biaya yang sudah dikeluarkan dan telah dicatat dalam periode akuntansi tetapi manfaatnya akan terealisasi atau diterima di masa yang akan datang. Beban dibayar dimuka adalah pembayaran yang dilakukan dimuka untuk barang atau jasa yang diharapkan akan diterima dimasa yang akan datan. Beban ini sering terjadi pada sewa, iklan dan asuransi. Pencatatan beban dibayar dimuka bisa diakui sebagai harta tetapi bisa juga diakui sebagai beban. Ayat jurnal untuk menyesuaian perkiraan beban dibayar dimuka adalah sebagai berikut :

  1. Metode Harta
  2. Beban .......
    - ......dibayar dimuka
    xx
    -
    -
    xx
    Sebesar yang sudah
    dipakai/dilewati
  3. Metode Beban
  4. ........dibayar dimuka
    - beban ......                             
    xx
    -
    -
    xx
    Sebesar yang belum
    dilalui/dipakai


Pendapatan Diterima Dimuka

Pendapatan diterima di muka mengacu pada pembayaran untuk barang yang akan dikirim di masa depan atau layanan yang akan dilakukan. Pendapatan diterima di muka adalah Pendapatan yang diterima untuk layanan yang akan diserahkan pada masa yang akan datang atau barang yang akan dikirimkan kemudian hari. Misalnya pembayaran di muka yang dibayarkan oleh pelanggan untuk langganan surat kabar. Pada akhir periode akuntansi, jurnal penyesuaian harus dibuat untuk mengakui bagian pendapatan diterima dimuka yang telah menjadi pendapatan selama periode tersebut. Pencatatan pendapatan diterima dimuka bisa dilakukan dengan menggunakan metode utang atau metode pendapatan.

Metode Utang

Untuk pendapatan yang ditangguhkan, kas yang diterima biasanya dilaporkan dengan akun pendapatan diterima dimuka, yang merupakan kewajiban, untuk mencatat barang atau jasa yang terutang kepada pelanggan. Maka akhir periode, perusahaan akan membuat jurnal penyesuaian yang mendebit akun pendapatan diterima dimuka dan mengkredit akun pendapatan.

........diterima dimuka
     - Pendapatan ........
xx
-
-
xx
Sebesar yang sudah
dilalui/dipakai
Metode Pendapatan

Jika metode pencatatan yang digunakan menggunakan metode pendapatan, maka pada akhir periode harus dihitung berapa yang masih menjadi utang pendapatan diterima dimuka. Maka pada akhir periode akuntansi perusahaan akan membuat jurnal penyesuaian dengan mendebit pendapatan dan mengkredit pendapatan diterima dimuka.

Pendapatan ......                
    - .... diterima dimuka            
xx
-
-
xx
Sebesar Yang belum
dipakai/dilalui


Beban Yang Masih Harus Dibayar

Jurnal penyesuaian untuk beban yang masih harus dibayar diperlukan ketika ada biaya yang harus dibebankan pada periode akuntansi berjalan tetapi sampai dengan akhir periode akuntansi belum dibayar dan belum dicatat. Maka pada akhir periode akuntansi harus dibuat jurnal penyesuaian dengan mendebit perkiraan beban dan mengkredit perkiraan utang.

Beban ......
- Utang .......                       
xx
-
-
xx
Sebesar Beban
yang belum dibayar/terutang


Pendapatan Yang Masih Harus Diterima

Pendapatan yang masih harus diterima merupakan pendapatan yang sudah menjadi hak perusahaan tetapi sampai dengan akhir periode akuntansi belum dilakukan pencatatan dan pembayarannya belum diterima. Maka pada akhir periode akuntansi jurnal penyesuaian yang harus dibuat yakni dengan mendebit perkiraan piutang karena akan dilakukan penagihan pada masa yang akan datang di sisi kredit dicatat perkiraan pendapatan.

Piutang ......
- Pendapatan  .......
xx
-
-
xx
Sebesar Pendapatan
yang belum diterima


Penyusutan Aktiva Tetap

Aktiva tetap adalah aset perusahaan yang mempunyai umur ekonomis yang panjang yang digunakan dalam operasional perusahaan. Penyusutan adalah proses pengalokasian biaya yang dapat disusutkan dari aset berumur panjang, kecuali tanah yang tidak pernah disusutkan, ke beban selama perkiraan umur layanan aset. Penyusutan disebut juga sebagai pengurangan nilai aktiva tetap secara sistematis hingga aktiva tetap tersebut tidak memiliki nilai. Biaya yang dapat disusutkan mencakup semua biaya yang diperlukan untuk memperoleh suatu aset dan membuatnya siap untuk digunakan dikurangi nilai sisa yang diharapkan dari aset tersebut, yang merupakan nilai aset pada akhir masa pakainya, biasanya jumlah waktu yang diharapkan dari aset tersebut akan digunakan dalam periode tersebut. Biaya penyusutan timbul karena ada pemakaian aktiva tetap yang dipakai secara terus menerus sehingga terjadi penurunan manfaat serta kualitas. Untuk mencatat pengurangan nilai buku dari setiap aktiva tetap kecuali tanah, pada akhir periode akuntansi dicatat dengan jurnal penyesuaian :

Beban Penyusutan  ......
- Akumulasi Penyusutan .......
xx
-
-
xx
Sebesar Nilai Penyusutan
Aktiva Tetap

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)