KESEIMBANGAN HARGA

DT
0

Hukum penawaran dan permintaan mencerminkan hubungan antara permintaan dan penawaran di mana perubahan dalam satu menyebabkan perubahan pada yang lain. Menurut hukum penawaran dan permintaan, ketika ada permintaan yang lebih tinggi untuk suatu komoditas, ada peningkatan pasokan komoditas tersebut dan sebaliknya. Hukum penawaran dan permintaan menjelaskan interaksi antara keinginan akan suatu produk dan penawaran produk tersebut. Misalnya, jika penawaran suatu produk berapa banyak dan permintaannya tinggi, itu berarti produk tersebut langka dan tidak mencukupi untuk jumlah orang yang menginginkannya, sehingga akan menyebabkan kenaikan harga produk.

Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Ada faktor-faktor tertentu yang secara langsung mempengaruhi pasokan dan menentukan apakah akan ada pasokan tinggi atau rendah. Kapasitas produsen atau perusahaan, biaya produksi barang-barang tertentu termasuk biaya bahan, tenaga kerja, dan peralatan dapat mempengaruhi pasokan. Faktor lain termasuk kehadiran pesaing di pasar. Juga, jika produksi suatu barang ditentukan oleh cuaca, misalnya, perusahaan yang memproduksi sweater, pasokan produk akan ditentukan oleh cuaca. Rantai pasokan adalah faktor lain yang mempengaruhi pasokan.

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

Permintaan di sisi lain juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor umum yang mempengaruhi permintaan adalah;

  1. Harga barang itu sendiri.
  2. Ketersediaan barang produk pengganti di pasar
  3. Tingkat kepentingan barang, apakah itu barang inferior atau sebaliknya
  4. Harga barang pelengkap



Terbentuknya Harga Keseimbangan

Hukum penawaran dan permintaan adalah teori ekonomi yang menjelaskan bagaimana permintaan dan penawaran terhubung dan bagaimana kedua konsep ini berusaha untuk menemukan keseimbangan pasar atau harga ekuilibrium. Biasanya, ketika ada kelebihan pasokan di pasar dan permintaan yang rendah untuk produk yang dipasok, terjadi penurunan harga barang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. Pasokan dan permintaan dapat meningkat karena berbagai alasan, begitu juga mereka dapat menurun. Hukum penawaran dan permintaan terkait dengan hampir semua prinsip ekonomi, meskipun ada pengecualian.

Dampak dari harga ekuilibrium adalah memungkinkan pemasok menjual barang mereka pada harga yang bersedia dibayar pembeli. Misalnya, jika pemasok dapat menjual semua unit produk pada harga yang telah ditentukan dan pembeli bersedia membeli semua unit pada harga tersebut, maka terjadi keseimbangan. Harga keseimbangan atau disebut harga kliring pasar, penawaran dan permintaan memainkan peran utama dalam penciptaan harga keseimbangan di pasar. Umumnya pelaku usaha atau produsen mencari cara untuk mencapai suatu keseimbangan, seringkali mereka mencari cara untuk menciptakan keseimbangan antara unit barang yang diproduksi dengan keinginan konsumen terhadap barang tersebut.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)